Social Engineering

Dalam dunia hacker,Social engineering adalah suatu bagian penting dalam menjalankan misi. Social engineering merupakan suatu metode hacking untuk memperoleh informasi dengan cara menipu pemilik informasi tersebut. Para hacker yang menerapkan cara ini biasanya meminta informasi itu langsung dari korban atau pihak lain yang berkaitan tentang suatu informasi.Social engineering menyerang kepada rantai terlemah sistem keamanan jaringan komputer,yaitu manusia.

Sistem jaringan komputer sangat bergantung pada interaksinya kepada manusia sebagai operator.Manusia merupakan mahkluk sosial yang bermain dengan perasaan sedangkan mesin tidak memilik perasaan. Oleh karena itu, apabila manusia yang diserang dan serangan itu berhasil,maka akan sangat berpengaruh kepada misi hacker tersebut.

Metode pertama yang digunakan dalam social engineering biasanya para hacker meminta langsung kepada pemilik informasi dengan berbagai dalih.Cara ini memang paling sedikit tingkat keberhasilannya,tapi akan sangat membantu bila berhasil.
metode kedua yaitu dengan menciptakan suasana palsu dimana seseorang menjadi bagian dari situasi tersebut.Biasanya para hacker menciptakan suatu masalah terlebih dahulu, kemudian ia menjelma menjadi seorang penolong untuk dapat menyusup ke tempat tersebut.
Metode yang ketiga merupakan cara yang paling populer saat ini, yaitu melalui email, dengan email ini para hacker dapat memasukkan virus didalamnya seperti trojan dan worm untuk membuat backdoor di sistemnya.cara ini memang sangat ampuh dan tinggi tingkat keberhasilannya.

Oleh karena itu, jika kita menginginkan sistem keamanan yang kuat hendaklah kita memperkuat aspek manusia, karena memang aspek inilah yang paling rentan untuk diserang.

Sumber dari Wikipedia

0 komentar: